Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter dengan Akurat

Cara menghitung kebutuhan bata merah per meter. Merencanakan sebuah bangunan berarti harus merencanakan semua detail material bangunan yang dibutuhkan. Semen, pasir, kayu, besi hingga batu bata harus dihitung dengan seksama supaya tidak terjadi kekurangan atau kelebihan terlalu banyak.

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter


 Kekurangan bahan akan menghambat proses pembangunan, sedangkan kelebihan bahan bangunan akan menyebabkan pemborosan. Oleh sebab itu, penghitungan keperluan material bangunan harus tepat sesuai dengan bentuk dan besar bangunan yang dikehendaki. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan bata merah per meter untuk mendapatkan perhitungan akurat.

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata Merah Per M2

Apa pentingnya menghitung jumlah material bangunan sebelum melakukan proses konstruksi? Supaya Anda memiliki gambaran jumlah material secara keseluruhan serta nominal dana yang dibutuhkan. Salah satu bahan yang harus dikalkulasi kebutuhannya terlebih dahulu adalah bata merah.

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata Merah Per M2


Pada umumnya, orang membeli dalam jumlah ribuan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan batu bata merah per m2 agar Anda bisa memperkirakan jumlah barang yang harus dibeli.

Setiap daerah memiliki ukuran atau standar tersendiri mengenai panjang, lebar dan ketebalan. Ada produsen yang mencetak lebih tebal, ada juga yang lebih panjang. Hal ini berdasarkan kebiasaan serta kebutuhan dari masing-masing daerah. Oleh sebab itu, cara menghitung kebutuhan batu bata merah per m2 di setiap daerah pun juga berbeda-beda.

Tidak ada rumus atau formula standar untuk melakukan penghitungan kebutuhan bahan material dinding ini. Sebab, bentuk dan volumenya di setiap daerah tidak standar. Namun, Anda tetap bisa menghitung kebutuhan bata merah untuk calon bangunan Anda.

Berapa Jumlah Batu Bata Merah Dalam 1 Meter Persegi

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghitung berapa jumlah batu bata merah dalam 1 meter persegi. Caranya yaitu menggunakan uji coba secara langsung dan menggunakan rumus sesuai dengan panjang dan tinggi.

Berapa Jumlah Batu Bata Merah Dalam 1 Meter Persegi

1. Uji Coba Pemasangan 

Untuk mengetahui berapa jumlah batu bata merah dalam 1 meter persegi secara akurat, anda bisa melakukan uji coba secara langsung dengan memasangnya terlebih dahulu. Pasanglah membentuk sebuah bidang persegi atau persegi panjang.

Anda bisa meminta tukang bangunan untuk membuat spesi mortar dengan ketebalan standar yang digunakan pada umumnya. Bentuklah tinggi dan panjangnya dengan ukuran tertentu supaya bisa dihitung luas bidang tersebut.


jumlah Batu Bata Merah Dalam 1 Meter Persegi


Setelah pemasangan selesai, hitunglah luas dari bidang tersebut beserta jumlah yang digunakan. Contoh, jika tinggi dinding adalah 2 m dan panjangnya 2,20 m, maka luasnya adalah 4,40 m2.

Setelah dihitung jumlahnya, maka ketemunya adalah 297 buah. Maka, 297 buah dibagi 2,20 m akan didapatkan 67,5 buah/meter. Jadi, bata merah yang dibutuhkan untuk setiap meter dinding adalah 68 hingga 70 buah.

2. Menggunakan Rumus Panjang dan Tinggi 

Rumus satu ini memanfaatkan ukuran panjang dan tingginya. Caranya adalah dengan melakukan pengukuran terhadap bata merah terlebih dahulu. Misalnya tinggi produk di wilayah Anda adalah 25 cm dan tingginya adalah 4 cm.

cara menghitung kebutuhan jumlah bata merah per meter persegi

Kemudian, Anda harus juga menambahkan ukuran spesi mortar untuk sisi atas dan samping pemasangan bata merah. Anggap saja ukuran standar spesi mortar oleh tukang bangunan Anda adalah 2cm. Maka akan didapat panjang pemasangan bata merah adalah 27 cm dengan tinggi 6 cm.

Selanjutnya, buat penghitungan luasnya untuk kemudian dibandingkan dengan luas 1 meter persegi. Cara lengkapnya adalah :
- Luas = 27 cm x 6 cm
= 162 cm persegi = 0,0162 m2
- Jumlah per meter = 1 meter persegi / 0,0162 meter persegi
= 61, 72 buah atau 62 buah

Itulah dua cara menghitung kebutuhan jumlah bata merah per meter persegi. Perhitungan diatas bisa dijadikan pedoman untuk menghitung jumlahnya untuk keseluruhan bangunan. Nilainya cukup akurat sehingga jika nantinya ada kelebihan atau kekurangan tidak akan selisih terlalu banyak. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk " Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter dengan Akurat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel