Begini Cara Menghitung Bata Merah Untuk Pagar Rumah yang Kuat

Cara menghitung bata merah untuk pagar. Pagar merupakan salah satu bagian dari rumah yang akan menjadi pembatas dengan tetangga atau jalan raya. Beberapa rumah membutuhkannya supaya lebih aman sekaligus untuk mempercantik bentuk rumah.

Bagi Anda yang berencana untuk membangun pagar rumah, pastinya ingin membuat yang kuat dan kokoh. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menghitung bata merah untuk pagar yang kuat di rumah. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan gambaran material yang dibutuhkan agar tidak kekurangan bahan dan berakibat tidak sekuat yang diinginkan.

Cara Menghitung Bata Merah untuk Pagar Setinggi 1 Meter

Beberapa kota menerapkan ketentuan untuk tinggi pagar yang diperbolehkan. Ada peraturan yang tidak mengizinkan membangun tembok pembatas lebih tinggi dari 2 meter dikarenakan beberapa alasan.

Terutama tembok depan rumah, Anda hanya diperbolehkan menggunakan setinggi 1 meter untuk bagian yang tidak tembus pandang. Meskipun jenis yang dibangun hanya setinggi 1 meter, Anda harus tetap membuatnya dengan perhitungan matang. Demi menghindari yang rapuh dan mudah roboh.

Berikut ini adalah cara menghitung bata merah untuk pagar setinggi 1 meter yang kuat dan kokoh. Diantaranya adalah :

1. Hitung Panjang dan Lebar Pagar yang Diinginkan

Sudah dipastikan bahwa Anda hanya akan membangun pagar setinggi 1 meter. Selanjutnya, Anda harus mengukur berapa lebar dan panjang pagar yang diinginkan. Ambillah contoh Anda menginginkan dengan lebar sekitar 30 cm dan panjang sekitar 3 meter.

Setelah itu, Anda harus menghitung volume pagar terlebih dahulu. Rumusnya adalah :
- Panjang x lebar x tinggi pagar
- 10 meter x 0,3 meter x 1 meter
- 3 meter kubik
Jadi, volume pagarnya adalah 3 meter kubik

2. Hitung Volume Batu Bata

Pemasangan batu bata tidak terlepas dari penggunaan spesi mortar sebagai perekatnya. Ukuran standar spesi mortar atau yang lebih dikenal dengan nat adalah sekitar 2 cm.

Ketika mengukur batu bata, Anda bisa menambahkan 2 cm untuk spesi mortar. Ambillah contoh batu bata berukuran 25 x 10 x 6 cm maka untuk menghitung volumenya, tambahkan 2 cm untuk spesi mortar.

Volume batu bata :
- panjang x lebar x tinggi
- 27 cm x 12 cm x 8 cm
- 0,27 m x 0,12 m x 0,08 m = 0,00432 meter kubik

3. Hitung Jumlah Batu Bata

Setelah diketahui volume pagar dan volume batu batanya, cara menghitung bata merah untuk pagar selanjutnya adalah dengan membagi volumenya. Yaitu :
= Volume Pagar / Volume Batu bata
= 3 meter kubik / 0,00432 meter kubik
= 694,4 buah atau sekitar kurang lebih 700 buah batu bata

Jumlah batu bata di atas adalah untuk barang dengan lebar sekitar 30 cm. Namun, ada cara yang lebih hemat dan praktis jika Anda ingin menghitung dengan lebih cepat. Yaitu menggunakan panjang batu bata sebagai ukuran lebar.

Dengan kata lain, lebar pagar Anda mengikuti panjang batu bata merah yang digunakan. Cara menghitung bata merah untuk pagar dengan cara ini lebih cepat karena cukup menghitung luasnya saja.

Berikut ini penghitungannya :
Luas Pagar = Panjang x Tinggi
= 3 meter x 1 meter = 3 meter persegi

Luas Sisi Batu Bata = Lebar x Tinggi
= 0,12 m x 0,08 m = 0,0096 meter persegi

Jumlah Batu Bata = Luas Pagar / Luas Batu Bata
= 3 meter persegi / 0,0096 meter persegi = 312,5 buah

Cara menghitung bata merah untuk pagar diatas memang bukan angka persisnya. Namun setidaknya Anda bisa mendapatkan gambaran berapa buah batu bata merah yang dibutuhkan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Bila Anda membutuhkan batu bata merah berkualitas, Anda bisa menghubungi kami.


Prahu Rejeki
Pletukan RT 4/ RW 8
Kelurahan Sidoagung
Kecamatan Tempuran
Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56161

WA 0858-6871-0830 (Ibu Ika)

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Menghitung Bata Merah Untuk Pagar Rumah yang Kuat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel