Cara Mengecat Dinding Batu Bata Merah Tanpa Plester

Cara mengecat dinding batu bata merah. Dewasa ini, trend interior dan eksterior ruangan dengan desain klasik kembali populer. Salah satu yang mulai diminati adalah dinding dengan motif batu bata. Ada beberapa tempat didekorasi dengan menggunakan wallpaper bermotif material ini.

Cara Mengecat Dinding Batu Bata Merah


Namun ada juga yang dari awal pembangunan tidak dilakukan pemlesteran atau pelur pada tembok dengan harapan akan dimaksimalkan sebagai motif tembok. Jika berniat tidak memplesternya, Anda harus mengetahui cara mengecat dinding batu bata merah supaya terlihat klasik dan unik.

Cara Mengecat Tembok Bata Merah Ekspose

Motif dinding bata merah ekspose awalnya hanya dipergunakan di tempat-tempat umum seperti cafe, restoran, tempat wisata atau tempat hiburan lainnya. Namun, banyak orang beranggapan bahwa trend seperti ini nampaknya cocok diaplikasikan di rumah. Oleh sebab itu, masyarakat mulai mempelajari cara mengecat tembok bata merah tanpa plester untuk digunakan di rumah.

Berikut ini adalah beberapa petunjuk yang bisa Anda jadikan panduan. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk tembok rumah yang memang belum di plester sedari awal. Diantaranya adalah:

1. Pembersihan Dinding
Cara mengecat tembok bata merah tanpa plester adalah proses pembersihan terlebih dahulu. Anda harus membersihkan dengan seksama semua kotoran, jamur, serta spasi mortar tidak rapi.

Pastikan semua permukaan dalam kondisi bersih dan rata. Jangan lupa untuk berhati-hati ketika membersihkannya. Menyikat terlalu keras dapat menyebabkan rontoknya spasi mortar atau bahkan menggerus material ini.

2. Persiapkan Alat Mengecat
Anda membutuhkan beberapa alat untuk melakukan pengecatan seperti kuas besar, kuas kecil, koran bekas serta kain lap. Mengecat dinding tidak bisa menggunakan roll karena pada dasarnya permukaannya tidak rata sepenuhnya.

Ada beberapa bagian antara bata merah dan spasi mortar tidak penuh. Untuk itu, cara tepat mengecat dengan teknik terbaik adalah menggunakan kuas.

3. Pemilihan Cat
Sehubungan permukaannya yang agak kasar dan mudah menyerap air, sebaiknya Anda menggunakan dua macam cat. Pertama, cat yang digunakan untuk melapisi atau memberi dasaran pada permukaan dinding.

Anda juga bisa menggunakan plamir untuk pelapisan dasar. Plamir akan membantu menahan cat supaya tidak terlalu terserap ke dalam lapisan bata merah. Kedua, gunakan cat dinding sesuai warna yang diinginkan.

4. Proses Pengecatan
Aplikasikan plamir pada seluruh permukaan dinding sepenuhnya termasuk bata merah dan spasi mortarnya. Biarkan plamir hingga mengering dengan sendirinya. Jika telah kering, bersihkan lagi permukaannya yang telah diplamir supaya lebih halus dan rata.

Jika Anda tidak mengaplikasikan plamir secara langsung, Anda tidak tidak akan mendapatkan warna maksimal. Hal ini dikarenakan cat akan tercampur dengan warna bata merah sehingga warna catnya tidak terlihat bagus. Oleh sebab itu, penggunaan plamir sangat penting.

Kemudian, Anda bisa mulai melakukan pengecatan pada tembok sesuai dengan warna yang diinginkan. Umumnya, orang-orang menghendaki menggunakan warna aslinya. Cara cat dinding bata merah harus satu persatu.

Cat pada setiap bagian bata merah sampai menyisakan bagian spasi mortar. Hasil Akhirnya, Anda akan melihat tatanan bata merah kembali seperti sebelum dicat namun jauh lebih indah dan rapi.

Trend dinding bata ekspose memang sedang populer belakangan ini. Dinding seperti ini membuat ruangan terlihat lebih klasik dan cantik. Anda bisa memadukannya dengan perabot bertema vintage. Selamat mencoba cara cat dinding bata merah dan bereksplorasi dengan peralatan rumah tangga!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengecat Dinding Batu Bata Merah Tanpa Plester"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel