6 Tips Memilih Baja Ringan Yang Bagus, Simak Sebelum Membeli

Sudah tahukah anda tips memilih baja ringan? Salah elemen penting dalam bangunan ialah atap. Fungsinya ialah melindungi dari cuaca panas maupun hujan. Kini, ada banyak jenis konstruksi atap, seperti kayu dan baja ringan. Sebelum memilih jasa pasang baja ringan, informasi untuk mengetahui cara pemilihan bahan yang bagus perlu diketahui.

Di jaman serba modern, banyak orang lebih memilih menggunakan baja ringan karena memiliki beragam keunggulan yang tidak ditemukan pada kayu. Misalnya ialah bobot lebih enteng sehingga proses pemasangan pun bisa lebih cepat. Untuk masalah kekuatannya pun teruji bagus sehingga tidak kalah. Material ini dapat digunakan untuk menopang berbagai jenis genteng, mulai dari yang enteng hingga berat. Yuk simak tips memilih baja ringan yang bagus.

Cara Memilih Baja Ringan Yang Bagus

Cara Memilih Baja Ringan yang Baik

Bila anda berencana menggunakan baja ringan sebagai kerangka atap, sebaiknya ketahui dulu cara memilih baja ringan yang baik di bawah ini. Dengan begitu, anda bisa menentukan mana baja ringan terbaik. Yuk simak.

1. Sesuaikan model atapnya

Keuntungan menggunakan baja ringan ialah bisa disesuaikan dengan bentuk atap model apapun. Dalam hal ini jangan asal pilih. Sebaiknya sesuaikan juga dengan beban di atasnya. Sebab, ada beberapa jenis produk yang punya kekuatan berbeda sesuai beban yang akan diletakkan di atasnya. Untuk memasangnya, sebaiknya bikin jarak cukup rapat. Tujuannya ialah supaya bisa menopang dengan kuat. Aturan umum kerenggangannya ialah sekitar 150 cm.

2. Pilih sesuai dengan jenis penutup atap 

Selain mempertimbangkan model atap, pertimbangkan juga bahan penutup atapnya. Tidak selalu konstruksi material ini menggunakan penutup dari bahan logam. Sebab bisa disesuaikan juga pada keinginan. Bahkan, banyak juga pemilih rumah menggunakan genteng, keramik, asbes, kaca dan beton. Bila penutup atap yang digunakan memiliki bobot berat, pilihlah baja ringan berkekuatan paling bagus.

3. Pastikan Kualitasnya Bagus

Cara memilih baja ringan yg bagus ialah cek kualitasnya. Untuk memastikan kualitasnya bagus atau tidak, tentunya anda harus mengeceknya terlebih dahulu. Bagaimana cara? Mudah saja, anda bisa melihat nilai ketegangan tarikan. Bila ketegangannya punya nilai sebesar 550 Mpa maka kualitasnya bagus karena dapat menopang berbagai macam jenis penutupnya.

cara memilih baja ringan


Selain melihat nilai ketegangan, cara lain untuk mengetahui kualitasnya ialah dari nilai SAE. Patokannya ialah material dengan SAR Grade 980 punya uji kualitas baik. lalu, bisa juga melihat lapisan anti karat yang ada. Beberapa jenis di pasaran ada yang menggunakan lapisan alumunium zinc (galvalum) dan zinc (galvanis).

Jenis pertama yaitu galvalum lebih berkualitas bagus karena tahan karat. Lalu, jenis kedua tidak tahan terhadap karat sehingga harganya jauh lebih murah. Untuk bangunan di daerah pantai tidak cocok menggunakan jenis zink. Namun, lebih cocok menggunakan galvalum karena anti korosi.

4. Cek Sistem Penguatnya 

Bentuk baja ringan lebih tipis jika dibandingkan bahan lainnya. Dengan begitu, material ini sangat fleksibel mudah disesuaikan untuk berbagai macam bentuk atap. Material ini dikenal memiliki kekuatan bagus karena kokoh.

Namun tidak menutip kemungkinan bisa melengkung atau roboh bila pemasangan kurang tepat. Untuk penyangganya bisa menggunakan tiang penyangga dalam jumlah memadai supaya resiko ambruk dapat diminimalisir.

cara memilih baja ringan yg bagus

5. Pilih Jenis Prefabrikasi

Apa yang dimaksud dengan jenis prefabrikasi? Ini merupakan sebuah metode pemasangan baja ringan yang sudah dipotong-potong di pabrik. Dengan begitu, pemasangan akan lebih efisien. Pengukuran dan pemotongan yang dilakukan di pabrik lebih tepat dibandingkan melalui cara manual. Hasilnya pun dijamin lebih rapi dan kuat.

6. Pilih Produk Bergaransi

Ciri produk berkualitas adalah memiliki garansi. Jadi anda akan mendapatkan produk berkualitas bagus. Jika ternyata ada kerusakan tidak perlu khawatir karena ada jaminan garansi tersebut.

Praktekkan tips memilih baja ringan di atas saat hendak menggunakan material ini. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan produk berkualitas bagus.





Belum ada Komentar untuk " 6 Tips Memilih Baja Ringan Yang Bagus, Simak Sebelum Membeli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel