Apa sajakah Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah? Yuk Cek!

Batu bata merah adalah bahan bangunan untuk membuat dinding. Bahan pembuatnya adalah tanah. Ada yang terbuat dari tanah liat full seperti bata merah AT Magelang. Ada juga yang dibuat dari tanah dan campuran lainnya seperti serbuk kayu.

Banyak orang lebih memilih menggunakan jenis tersebut karena dapat menyerap panas. Jadi tinggal di dalamnya akan terasa nyaman dan sejuk. Yuk kita bahas kelebihan dan kekurangan batu bata merah.

kelebihan dan kekurangan batu bata merah

Kelebihan Batu Bata Merah

kelebihan batu bata merah

 

Berikut keuntungan yang bisa anda peroleh

1. Mudah didapatkan
Pertama, mudah ditemukan. Ada banyak pengrajin yang memproduksi bahan bangunan tersebut. bahkan bisa didapatkan di berbagai toko bangunan.

2. Terjamin Kuat
Punya kualitas bagus yaitu kuat. Jadi, cocok untuk pembangunan rumah. tak perlu diragukan lagi kualitasnya karena dari jaman dulu hingga sekarang sudah terbukti bagus.

3. Tahan Api
Keunggulan lain ialah tahan terhadap api. Jadi lebih aman pakai bahan bangunan tersebut. Tidak seperti dinding kayu atau dari bambu yang mudah sekali terbakar.

4. Bisa Mengatur Kelembaban
Bata merah ternyata bisa mengatur kelembapan rumah. rumah pun menjadi lebih adem sehingga nyaman untuk ditempati. Anda dan keluarga pasti betah tinggal di dalamnya. Inilah yang membuat material tersebut menjadi idola masyarakat.

5. Mudah disusun
Gampang disusun. Hal ini membuat anda tak perlu mencari tukang dengan keahlian khusus. Siapa saja bisa memasang material itu dengan menggunakan campuran semen dan pasir.

Kekurangan bata merah

Kekurangan bata merah

 

Dibalik keunggulannya, ada juga kekurangannya. Apa sajakah itu?

1. Kurang rapi
Bata merah rata rata dibuat secara manual oleh tenaga manusia. Jenis usahanya pun dikelola oleh perorangan, bukan pabrik di mana menggunkan teknologi khusus dan canggih. Karena kurang rapi, hal ini membuat agak sulit membuat susunan yang rapi.

2. Membuat suhu ruangan kurang stabil
Memang benar bahwa bata merah dapat menyerap suhu panas. Selain itu, juga bisa menyerap suhu dingin dengan cepat pula. Dengan begitu, hal tersebut membuat suhu di dalam rumah tidak stabil. Apalagi ketika di musim pancaroba.

3. Cukup berat
Memiliki bobot agak berat. Dengan begitu, material dinding ini membebani material lainnya .

Itulah kelebihan dan kekurangan batu bata merah. Selanjutnya, pertimbangkan apakah ingin menggunakan bahan material ini atau jenis lainnya. Semua tergantung kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Belum ada Komentar untuk " Apa sajakah Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah? Yuk Cek!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel