Indahnya Bunga Tebebuya di Magelang, Ini Dia Fakta Unik Si Cantik yang Mirip dengan Sakura Jepang

Indahnya Bunga Tebebuya di Magelang

Selamat datang di Ulin Bata

Pernah mendengar bunga tabebuya? Akhir-akhir ini pohon tabebuya begitu viral diperbincangkan banyak orang. Bunga tabebuya sangat cantik, bahkan mirip dengan bunga sakura Jepang.

Pohon tabebuya banyak ditanam di pinggir jalan. Contohnya di Magelang, banyak ditanam pohon-pohon tabebuya. Saat bunganya bermekaran, pemandangan indah pun dapat dinikmati oleh para pengguna jalan. Bahkan, banyak yang sengaja berswafoto dengan background bunga-bunga cantik tebebuya.

Baca juga:bata merah kulonprogo

bunga tabebuaya di magelang

Fakta Unik Bunga Tabebuya

Pohon tabebuya juga bisa ditanam di halaman rumah sebagai penghias halaman rumah kamu, lho.

Bunganya yang indah dan daunnya yang rimbun akan memberikan suasana sejuk. Tertarik menanamnya? Namun alangkah baiknya jika kamu mengetahui dulu beberapa fakta unik yang dimiliki oleh bunga tabebuya.

1. Asal Pohon Tabebuya

Banyak juga yang penasaran, dari mana sih pohon tabebuya ini berasal? Sering disebut sebagai bunga yang mirip dengan Sakura Jepang, ternyata asal dari bunga cantik ini ialah Brasil. Di hutan Amazon, terdapat banyak pohon tabebuya karena memang pohon ini berasal dari sana.

Ketinggian pohon tabebuya dapat mencapai sekitar 4 meter. Jadi, jika ingin menanam pohon ini di halaman rumah, pastikan lahannya agak luas ya. Pohon tabebuya dapat tumbuh subur di iklim tropis dan sub tropis. Jadi, pohon ini cocok ditanam di wilayah Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Baca juga: daftar harga bata merah Jogja

2. Memiliki beragam jenis dan warna

Fakta menarik lainnya adalah bunga tabebuya memiliki 25 jenis asli dan 100 jenis variasi. Karena banyak jenisnya, warna bunga tabebuya pun beragam. Ada warna pink, putih, kuning, oranye, merah dan magenta. Bunga tabebuya akan bermekaran di bulan September hingga Oktober.

3. Punya Banyak Sebutan

Pohon tabebuya memiliki banyak sebutan. Biasanya, sebutan ini berdasarkan jenisnya. Sebagai contoh, ada jenis tabebuya yang disebut sebagai pohon terompet merah. Sebutan ini diberikan karena bunganya mirip dengan terompet.

Sementara itu, jenis bunga tabebuya lainnya ada yang disebut sebagai cedar putih, tecoma, kayu putih, manjack merah muda, dan sebagainya.

4. Cepat Tumbuh

Hal menarik dari pohon tabebuya ialah pohon ini dapat tumbuh dengan baik. Tak perlu perawatan khusus jika ingin menanamnya. Sebab, pohon tabebuya memiliki kemampuan bertahan hidup yang cukup baik. Pohon ini akan tahan terhadap segala cuaca, baik kering ataupun lembab.

5. Memiliki Banyak Manfaat

Tak hanya bisa dinikmati keindahannya saja lho. Tapi, pohon tabebuya juga punya beragam manfaat lainnya. Diantaranya adalah:

1. Dapat mengobati beragam manfaat

Bunga tabebuya bisa dimanfaatkan sebagai teh herbal. Biasanya orang menyebutnya sebagai teh lapacho. Teh ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Teh ini dapat mengobati aneka macam penyakit seperti demam, flu sampai penyakit pankreas.

2. Dapat dijadikan pupuk

Kamu pun bisa membuat pupuk tanaman organik dari pohon tabebuya. Caranya pun mudah. Ambil bunga tabebuya yang sudah berjatuhan di tanah, lalu biarkan hingga membusuk. Setelah itu, bunga tabebuya yang sudah dibiarkan membusuk itupun siap dijadikan pupuk. Mudah kan?

3. Pohonnya untuk bahan furniture

Batang pohon tabebuya bisa dijadikan bahan untuk membuat furniture rumah tangga. Misalnya untuk membuat lemari, kursi, meja ataupun kerangka sofa. Kualitas kayu dari pohon tabebuya tergolong kuat.

Itu dia beragam fakta unik dari pohon tabebuya. Apakah tertarik menanamnya di rumah?

Yuk simak artikel menarik lainnya di blog ini ya. Di sini selain terdapat beragam artikel menarik dan bermanfaat, kamu juga bisa mendapatkan bata merah berkualitas.



















Belum ada Komentar untuk " Indahnya Bunga Tebebuya di Magelang, Ini Dia Fakta Unik Si Cantik yang Mirip dengan Sakura Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel