Ketahui 5 Jenis Batu Bata yang Biasa Digunakan Beserta Fungsinya

Macam Macam Batu Bata

Macam macam batu bata. Batu bata merupakan salah satu material bangunan yang sangat familiar di telinga masyarakat. Ya, bahan ini digunakan untuk membuat dinding suatu bangunan. Selain untuk tembok, bata merah juga bisa digunakan untuk membuat pagar ataupun elemen rumah lainnya. Banyak yang mengira bahwa material ini adalah hanya dari tanah. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman, batu bata tidak hanya dibuat dari bahan tanah saja. Ada macam macam batu bata yang dibuat dari bahan lainnya.

 
jenis batu bata

Jenis batu bata buat rumah Terbaik

Jenis batu bata buat rumah. Dibandingkan dengan bahan material dinding lain seperti bambu atau gypsum, batu bata merah lebih awet, kuat dan murah. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat lebih memilih menggunakan jenis ini dibandingkan bahan lainnya. Lantas, sudah tahukah Anda apa saja jenis batu bata buat rumah?

 

Daftar Jenis Batu Bata dan Fungsinya

Jenis batu bata dan fungsinya. Setidaknya ada 5 jenis batu bata merah yang bisa dipilih untuk material bangunan Anda. Berikut ini beberapa jenis batu bata dan fungsinya.

 

1. Batu Bata Merah

jenis batu bata merah untuk rumah

 

Batu bata merah adalah jenis batu bata yang bagus. Sebagian masyarakat Indonesia menggunakan jenis bata merah untuk membangun gedung. Hal yang membuat mereka lebih memilih bahan ini ialah mudah didapatkan dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Bahan untuk membuat bata merah adalah tanah liat yang kemudian dicetak menjadi bentuk balok persegi panjang. Setelah kering, produk tersebut dibakar dengan suhu tinggi sehingga warnanya berubah menjadi kemerah-merahan.

Salah satu keuntungan menggunakan bata merah adalah mudah menyerap panas. Dengan begitu, rumah akan terasa sejuk dan nyaman. selain itu, bangunan yang dibangun dengan menggunakan bahan ini akan lebih kuat dan kokoh sehingga Anda tak perlu khawatir rumah akan retak.

Selain memiliki beberapa keuntungan, bata merah juga punya kekurangan. Kekurangannya ialah ketika merekatkan, butuh bahan perekat seperti semen dan pasir dalam jumlah yang cukup banyak. Akibatnya, biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Selain itu, membuat pasangan produk jenis ini terlihat rapi cukup sulit. Oleh sebab itu, plester yang dibutuhkan harus cukup tebal agar permukaan dinding rata dan rapi. Anda harus menunggu proses pengeringan cukup lama.

2. Batu Bata Batako

jenis batu bata batako untuk rumah
arsitag.com

 

Selain batu bata merah, jenis lain yang sering digunakan adalah batu bata batako. Bahan untuk membuatnya ialah pasir dan semen. Biasanya, bangunan yang menggunakan bahan pembuat dinding ini ialah gudang, pos jaga dan pagar. Ukuran batako relatif lebih besar dibandingkan dengan batu bata merah. Harga batu bata batako juga lebih mahal. Namun, karena ukuran batu bata batako cenderung lebih besar sehingga membuat pemasangan lebih mudah dan cepat. Selain itu, beratnya pun lebih ringan jika dibandingkan bata merah. Anda bisa menggunakannya untuk bangunan lebih dari satu lantai.

Batako cocok digunakan untuk pembangunan dinding luar rumah. Bata ini memiliki sifat kuat dan kedap air. Jika rumah Anda berada di lokasi yang dikelilingi banyak air, bahan ini cocok dipilih.
Sementara itu, batako memiliki kekurangan yaitu kurang cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia. Mengapa? Sebab, bahannya menyimpan panas sehingga membuat suasana rumah kurang nyaman karena terasa pengap dan panas. Selain itu, batako lebih mudah retak bisa terkena benturan.

3. Batu Bata Hebel

jenis batu bata hebel untuk rumah
ilmubangunanprakis.blogspot.com

 

Baru-baru ini batu bata hebel cukup populer. Bata hebel sering disebut sebagai batu bata ringan. Jenis bata ini muncul seiring dengan pertumbuhan teknologi dan tren industri. Proses pembuatan bata hebel ialah melalui proses kimiawi dan dilakukan di pabrik. Adapun material yang digunakan adalah campuran pasir kuarsa, kapur, semen, air, dan gypsum. Lalu, ditambah dengan bahan almunium pasta untuk bahan pengembang.

Kelebihan batu bara ringan hebel ialah bentuknya rapi dan presisi karena proses pembuatannya di pabrik, bukan secara manual. Hal tersebut membuat proses pemasangan lebih mudah. Keuntungan lainnya ialah dapat menyerap panas dengan baik sehingga rumah akan terasa nyaman karena sejuk. Tak hanya itu saja, jenis produk ini memiliki daya serap air yang tinggi. Bobotnya juga lebih ringan sehingga beban struktur bangunan bisa semakin kecil. untuk masalah kekokohannya, batu bata hebel bisa diadu dengan bata merah.

Sayangnya, ada kekurangan yang dimilikinya. Kekurangannya yaitu dibutuhkan perekat khusus untuk proses pemasangannya. Adapun yang sering digunakan ialah semen instan. Tukang bangunan yang memasang haruslah memiliki keahlian khusus. Selain itu, kekurangan lainnya ialah harga batu bata hebel atau bata ringan lebih mahal sebab merupakan buatan pabrik. Biasanya, jenis ini susah didapatkan.

4. Batu Bata Berlubang

jenis batu bata berlubang
aca.co.id

 

Salah satu jenis batu bata buat rumah yang cukup unik adalah batu bata berlubang. Ada juga yang menyebutnya batu bata bolong. Disebut demikian karena ada lubang silinder yang terdapat pada ketebalannya. Bobotnya pun ringan. Untuk memasang bata ini, dibutuhkan perekat sedikit tanah liat. Proses pembuatannya cukup mudah dan cepat. Bahkan, pengeringannya pun cepat. Produk ini memiliki bentuk yang beragam mulai dari balok, melingkar hingga melintang.

Pemasangannya harus memperhatikan jarak antar sisi dengan tepi lubang-lubangnya. Sebaiknya tidak kurang dari 10 mm. sebelum digunakan, sebaiknya rendam dalam air selama kurang lebih 24 jam. Lalu, jemur di bawah panas matahari. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kualitasnya. Dapatkan harga bata berlubang terbaik di tempat yang tepat.

5. Batu bata purpose made 

jenis batu bata purpose made
dekoruma.com

 

Terakhir adalah jenis batu bata purpose made. Sesuai dengan namanya, produk ini bisa digunakan untuk beragam keperluan. Bahan untuk membuat jenis ini ialah tanah liat dan pasir. Biasanya, orang menggunakan bata ini untuk area kusen pintu dan jendela. Dari segi kekuatannya, produk ini cukup kuat. Bata ini bisa menahan guncangan tinggi. Bahkan, untuk jenis bata purpose made tertentu ditambah bahan-bahan kimia pada proses pembuatannya. Kekurangan batu bata purpose made adalah harganya mahal.

Itulah aneka jenis batu bata dan kegunaannya yang biasa dipilih oleh kebanyakan orang dalam membangun gedung ataupun rumah. Dari banyaknya daftar jenis batu bata untuk dinding, jenis yang sering digunakan orang adalah batu bata merah AT. Jika Anda berniat menggunakan bata merah murah berkualitas sebagai bahan membuat dinding rumah, belilah di tempat terpercaya.

Hubungi
WA 0858-6871-0830
Ibu Ika Pratiwi

Belum ada Komentar untuk " Ketahui 5 Jenis Batu Bata yang Biasa Digunakan Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel