Bata Merah vs Batako? Lebih Bagus Mana Bata Merah atau Batako?

Lebih Bagus Mana Bata Merah atau Batako

Lebih bagus mana bata merah atau batako. Hampir semua orang menginginkan rumah dengan konstruksi bangunan yang kokoh. Untuk mendapatkan hal tersebut, seseorang harus memperhatikan faktor bahan bangunan yang digunakan. Material bangunan untuk membuat dinding yang cukup populer di Indonesia adalah bata merah dan batako.

Banyak yang bingung menentukan antara keduanya. Sebenarnya, lebih bagusan mana bata merah atau batako? Sebagai bahan pertimbangan, simak ulasan berikut supaya bisa menentukan pilihan bata merah vs batako untuk bahan bangunan hunian idaman Anda.

Proses Produksi Batu Bata Merah dan Batako

Batu Bata Merah

proses produksi batu bata merah

 

Batu bata merah terbuat dari bahan tanah liat. Proses pembuatannya ada dua cara yaitu secara manual dan menggunakan mesin secara otomatis. Biasanya, sekelompok orang di pedesaan membuat batu bata secara manual. Pekerjaan ini menjadi warisan nenek moyang dan diturunkan secara turun temurun.

Berikut cara produksi batu bata merah:

1. Pertama, tanah liat dihaluskan kemudian dicampur air. Tanah liat ini diinjak-injak menggunakan kaki sampai siap dicetak.
2. Pada media cetak ditaburi sebelum digunakan untuk mencetak tanah liat menjadi batu bata. Tujuannya supaya tidak lengket.
3. Cetakan tanah liat yang berbentuk kotak persegi panjang dijemur di gubug terbuka. Biasanya atapnya menggunakan plastik supaya terkena panas matahari dan terhindar dari air hujan. Proses pengeringan rata-rata memerlukan waktu sekitar 1 minggu.
4. Setelah benar-benar kering, batu bata dibakar dengan bahan bakar kayu. Tungku untuk membakar batu bata bisa menampung hingga 50ribu pieces. Waktu yang diperlukan untuk proses pembakaran ini ialah kurang lebih 5 sampai 8 hari.

Itulah proses produksi batu bata merah yang dilakukan secara manual. Jika menggunakan mesin, hasil batu bata akan lebih banyak. Namun, proses selanjutnya tetap sama yaitu pengeringan dan pembakaran.

Batako 

proses produksi batako
dekoruma.com
Jika bata merah terbuat dari tanah liat, batako adalah batu bata yang terbuat dari bahan baku pasir, semen dan air. Usaha pembuatan batako dilakukan secara rumahan. Proses pembuatannya pun secara manual. Berikut ini detailnya.
1. Siapkan bahan bakunya yaitu berupa semen Portland, pasir dan air. Adapun takaran perbandingan pasir dan semen adalah antara 7:1 hingga 12:1.
2. Kemudian, campurkan bahan pasir dan semen. Terus aduk hingga merata. Setelah itu, cobalah percikan air di atasnya. Apabila adonan tidak pecah, itu artinya sudah siap dicetak.
3. Alat yang digunakan untuk mencetak batako terbuat dari kayu dengan lempeng dan baut pengikat. Masukan adonan dalam cetakan batako tersebut sedikit demi sedikit. Lalu, padatkan menggunakan lempeng besi.
4. Tempatkan adonan yang telah dicetak pada tempat pengeringan. Cara melepas adonan yang telah dicetak ialah dengan mengendorkan baut, dan melepas plat ring yang terletak di atas adonan. Lalu, ketuk-ketuk sudut cetakan secara perlahan. Proses pengeringan batako kurang lebih 1 hari. Untuk membuat kualitas batako bagus, percikan air setiap pagi sampai batako benar-benar keras.

Kelebihan dan kekurangan batu bata dan batako

Batu Bata Merah

kelebihan dan kekurangan batu bata merah

 

Kelebihan:
1. Lebih kuat dan kokoh
2. Lebih gampang diangkut
3. Mudah dipasang
4. Tahan terhadap suhu panas dan dingin sehingga rumah menjadi nyaman ditinggali
5. Tidak butuh perekat khusus
6. Tidak mudah retak

Kekurangan:
1. Untuk merekatkannya, diperlukan semen dan pasir lebih banyak.
2. Pemasangan batu bata lebih lama dibandingkan batako. Hal ini disebabkan karena faktor ukuran batu bata merah lebih kecil.
3. Tidak cocok untuk rumah dua lantai ke atas karena beban lebih berat.

Batako 

rumah dengan bata batako
sementigaroda.com

 

Kelebihan:
1. Ukuran cenderung lebih rapi dibandingkan bata merah.
2. Pemasangan lebih cepat karena ukuran batako lebih besar
3. Bersifat kedap air sehingga mencegah air masuk ke dalam rumah
4. Bobot batako lebih ringan sehingga cocok untuk rumah lantai dua dan seterusnya
5. Sebelum dipasang tidak perlu direndam

Kekurangan:
1. Mudah retak rambut karena adanya rongga di tengah batako.
2. Kekuatan lebih lemah dibandingkan batu bata merah.
3. Batako kurang bagus menyerap suhu panas sehingga rumah menjadi panas saat musim kemarau.
Sekarang, Anda sudah tahu bukan lebih kuat bata merah atau batako?

Ukuran dan Harga Batu Bata Merah VS Batako 

harga batu bata vs batako

 

Ukuran batu bata merah umumnya memiliki panjang antara 17 cm hingga 23 cam, lebarnya 7 cm sampai 11 cm, dan tebal 3 cm hingga 5 cm. Jika ukuran persis batu bata merah 22 cm x 11 xm x 4,5 cm, maka banyaknya bata yang dibutuhkan untuk 1 meter persegi adalah antara 70 hingga 80 buah. Lalu, berapa harga bata merah? Harga bata merah bervariasi. Jika bata tersebut menggunakan bahan campuran sekam padi, harga pasarannya sekitar Rp. 400 rupiah per buah. Namun, untuk jenis batu bata dari bahan 100% tanah liat, maka harga batu bata merah tersebut adalah sekitar Rp. 800 rupiah per buah.

Kemudian, ukuran bata batako adalah 10 x 20 x 40 cam. Untuk membuat dinding 1 meter persegi, dibutuhkan batako sebanyak kurang lebih 20 buah. Harga batako bervariasi tergantung jenisnya. Ada batako putih dengan harga Rp. 3.500 per buah, lalu ada batako press dengan harga Rp. 3.300. sementara itu, harga batako semen adalah Rp. 3.100 per buah.

Setelah mengetahui ukuran dan harga batu bata merah vs batako, kini Anda bisa memutuskan lebih hemat batako atau bata merah?

Belum ada Komentar untuk "Bata Merah vs Batako? Lebih Bagus Mana Bata Merah atau Batako?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel